NEWS UPDATE :  

Berita

Advent

Masa Adven adalah masa mempersiapkan jiwa, merefleksi diri untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus. Pada masa Adven tersebut biasanya di setiap keluarga, tersedia Adventskranz  (Lingkaran Adven). Lingkaran Adven ini tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi semata melainkan mempunyai makna dari setiap lambang-lambang yang menyertai Lingkaran Adven tersebut.

Karangan selalu berbentuk lingkaran karena lingkaran tidak mempunyai awal dan akhir. Lingkaran tersebut melambangkan Tuhan yang abadi, tanpa awal dan akhir.

Lingkaran dihias dengan beberapa jenis daun cemara yang selalu hijau sepanjang musim. Daun-daun cemara yang senantiasa hijau dan hidup melambangkan Yesus Kristus yang mati namun hidup kembali untuk selamanya. Dan buah-buah berry yang berwarna merah melambangkan butir-butir darah Yesus Kristus yang dicurahkan untuk kita.

Empat batang lilin menghiasi Lingkaran Adven yang terdiri dari tiga batang berwarna ungu dan satu batang berwarna merah muda. Lilin ungu melambangkan pertobatan, dimana pada masa Adven tersebut kita mempersiapkan jiwa kita untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus.

Dan Lilin yang berwarna merah muda dinyalakan pada hari Minggu ke III yang disebut Minggu Gaudete yang dalam bahasa Latin berarti Sukacita dan melambangkan adanya sukacita ditengah masa pertobatan karena sukacita akan datangnya hari Natal.

Warna merah muda berasal dari campuran warna ungu dan warna putih yang mana warna putih berarti sukacita akan hari Natal. Pada hari Natal, keempat lilin-lilin tersebut diganti dengan empat lilin putih yang melambangkan bahwa masa Adven (pertobatan) sudah selesai.

 

Selamat memasuki masa Advent